KOMUNIKASI PEMASARAN GLOBAL
A.
Pengertian
Komunikasi
pemasaran adalah sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk,
dan meningkatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk
dan merek yang dijual. Sedangkan komunikasi pemaasaran global merupakan
efektivitas komunikasi pemasaran yang melewati batas-batas negara.
Perkembangan Peranan Hubungan Masyarakat
Dalam Komunikasi Pemasaran Global
Para profesional humas dengan tanggung jawab
internasional mereka harus mampu melampaui hubungan media dan melayaninya lebih
dari sekedar sebagai corong perusahaan, mereka dituntut untuk secara
bersama-sama membangun konsensus dan pemahaman, menciptakan kepercayaan dan
harmoni, pandai bicara dan mempengaruhi opini publik, mengantisipasi konflik
dan menyelesaian perselisisihan.
Salah satu konsep dasar dari praktik humas adalah
mengetahui siapa yang menjadi pendengar atau pemirsa. Bagi praktisi humas
global, ini berarti mengetahui pemirsa di negara asal dan negara tuan rumah.
Untuk itu, dibutuhkan keahlian khusus termasuk kemampuan berkomunikasi dalam
bahasa negara tuan rumah dan akrab dengan adat istiadat local
Variabel-variabel yang Mempengaruhi
Komunikasi Pemasaran Global:
Budaya
• Simbol
• Institusi dan kelompok
• Nilai
b. Media
Perkembangan media dipengaruhi oleh perubahan struktural
dan regulasi menyangkut industri media di setiap negara. Banyak organisasi
(media dan agen) berusaha tumbuh melalui deversifikasi dan pengembangan
jaringan internasional (pertumbuhan organik dan aliansi). Ada kecenderungan
terjadi peningkatan konsentrasi kepemilikan dan pengendalian terhadap sebagian
besar industri media oleh sejumlah kecil organisasi atau individu.
Isu-isu
Dalam Pemasaran Global:
1. Perbedaan bahasa
Penerjemahan merek atau
slogan kampanye iklan kedalam bahasa setempat bisa menimlkan masalah besar jika
ternyata makna atau artinya sama sekali berbeda dari yang dimaksud.
2. Ketersediaan Media
Ketersediaan media sangat tergantung pada regulasi
pemerintah dan infrastruktur media.
3. Kendali Pemerintah
Regulasi pemerintah bisa
menyangkut penggunaan media, pesan yang disampaikan, anggaran periklanan, dan
kepentingan agen periklanan.
4. Ketersediaan Agen Periklanan
Jumlah kualitas agen periklanan
sangat bervariasi antar negara. Di negara maju seperti Amerika dan Inggris
jumlahnya lebih dari 500 agen periklanan. Sedangkan di RRC dan Rusia jumlahnya
tidak lebih dari 10 agen pada tahun 1995.
5. Ketentuan Mengenai Promosi
Penjualan
Tidak semua aktivitas
penjualan bisa dilakukan di semua negara. Faktor-faktor yang mempengaruhinya
antara lain peraturan, budaya, dan situasi persaingan lokal. Hukum di beberapa
negara membatasi ukuran, bentuk dan sifat produk sampel, premium dan hadiah.
6. Kemunculan Media-media
mutakhir
Perkembangan teknologi komunikasi memfasilitasi berkembangnya sejumlah media
mutakhir yang menunjang direct marketing dan komunikasi interaktif, diantaranya
database marketing, direct mail, telemarketing, inserts, Multi Level Marketing,
interactive TV, dan internet.
Referensi:
http://manajemen-l.blogspot.com/2011/04/komunikasi-pemasaran-global.html
http://www.slideshare.net/MarniSihite/merancang-dan-mengelola-komunikasi-pemasaran-terintegrasi
Boleh mintol jelaskan contoh ketersediaan media ?? Bgmna mksdnha
BalasHapus