Kamis, 20 Maret 2014

Tugas 2 - Metode Ilmiah dan Sikap Ilmiah



Metode Ilmiah dan Sikap Ilmiah



Pengertian Metode Ilmiah

Metode berasal dari Bahasa Yunani “Methodos’’ yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah, maka metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan.

Dari beberapa pendapat para ahli tentang pengertian metode dapat saya simpulkan, Metode merupakan kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan suatu cara kerja yang sistematis untuk memahami suatu subjek atau objek penelitian, sebagai upaya untuk menemukan jawaban yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan termasuk keabsahannya serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Permasalahan yang tidak dapat diselesaikan atau belum ada cara penyelesaian memerlukan penelitian untuk dapat menghasilkan suatu jawaban yang akan digunakan dalam menyelesaikan suatu masalah. Untuk melakukan suatu penelitian , biasanya memerlukan metode ilmiah.

Menurut KBBI, Metode ilmiah adalah pendekatan atau cara yang dipakai di penelitian suatu ilmu. Secara lebih luas, Metode Ilmiah dapat saya definisikan sebagai suatu tekhnik atau pendekatan berupa cara-cara dan prosedur-prosedur yang teratur dan sistematis digunakan oleh peneliti dalam menganalisis fakta-fakta dengan langkah-langkah identifikasi dan analisis masalah, pengumpulan data, menarik kesimpulan dan merevisi teori untuk menguji atau membuktikan konsep awal.


  Karakteristik Metode Ilmiah

1.      Sistematik
Berarti suatu penelitian harus disusun dan dilaksanakan secara berurutan sesuai pola dan kaidah yang benar, dari yang mudah dan sederhana sampai yang kompleks.
2.        Logis
Suatu penelitian dikatakan benar bila dapat diterima akal dan berdasarkan fakta empirik. Pencarian kebenaran harus berlangsung menurut prosedur atau kaidah bekerjanya akal yaitu logika.
3.       Empiris
Artinya suatu penelitian yang didasarkan pada pengalaman sehari-hari, yang ditemukan atau melalui hasil coba-coba yang kemudian diangkat sebagai hasil penelitian.
4.       Replikatif
Artinya suatu penelitian yang pernah dilakukan harus di uji kembali oleh peneliti lain dan harus memberikan hasil yang sama bila dilakukan dengan metode, kriteria, dan kondisi yang sama.

Langkah – Langkah Metode Ilmiah

Menurut Abdurrahmat Fathoni (2006 : 71) langkah metode ilmiah ada lima, yang meliputi:
1.      Penetapan masalah
2.      Penyusunan kerangka berpikir dan premis-premis
3.      Perumusan hipotesis
4.      Pengujian hipotesis
5.      Penarikan hipotesis

Tujuan Metode Ilmiah
Metode ilmiah memiliki beberapa tujuan, antara lain untuk mendapatkan pengetahuan ilmiah yang rasional dan teruji sehingga merupakan pengetahuan yang dapat diandalkan.  Membantu memecahkan permasalahan dengan penalaran dan pembuktian yang memuaskan. Memecahkan rahasia alam yang sebelumnya masih teka-teki, serta dapat meningkatkan keterampilan kita, baik dalam menulis, menyusun, mengambil kesimpulan dalam menerapkan prinsip yang ada.

Sikap Ilmiah

Sikap ilmiah merupakan sikap yang harus ada pada diri seorang ilmuwan atau akademisi ketika menghadapi persoalan-persoalan ilmiah. Sikap-sikap ilmiah yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1.      Sikap Ingin Tahu
Sikap ingin tahu ini terlihat pada kebiasaan bertanya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bidang kajiannya.
2.      Sikap Kritis
Sikap kritis ini terlihat pada kebiasaan mencari informasi sebanyak mungkin berkaitan dengan bidang kajiannya untuk dibanding-banding kelebihan-kekurangannya, kecocokan-tidaknya, kebenaran-tidaknya, dan sebagainya.
3.       Sikap Terbuka
Sikap terbuka ini terlihat pada kebiasaan mau mendengarkan pendapat, argumentasi, kritik, dan keterangan orang lain, walaupun pada akhirnya pendapat, argumentasi, kritik, dan keterangan orang lain tersebut tidak diterima karena tidak sepaham atau tidak sesuai.
4.       Sikap Objektif
Sikap objektif ini terlihat pada kebiasaan menyatakan apa adanya, tanpa diikuti perasaan pribadi.
5.      Sikap Rela Menghargai Karya Orang Lain
Sikap menghargai karya orang lain ini terlihat pada kebiasaan menyebutkan sumber secara jelas sekiranya pernyataan atau pendapat yang disampaikan memang berasal dari pernyataan atau pendapat orang lain.
6.      Sikap Berani Mempertahankan Kebenaran
Sikap ini menampak pada ketegaran membela fakta dan hasil temuan lapangan atau pengembangan walapun bertentangan atau tidak sesuai dengan teori atau dalil yang ada.
7.      Sikap Menjangkau ke Depan
Sikap ini dibuktikan dengan selalu ingin membuktikan hipotesis yang disusunnya demi pengembangan bidang ilmunya.



Kesimpulan

Sikap Ilmiah mempunyai keterkaitan yang erat dan tidak dapat dipisahkan dengan metode ilmiah. Sebagai peneliti yang akan menyelesaikan suatu masalah, dengan menggunakan metode ilmiah, dituntut untuk memiliki sikap ilmiah, Sikap ilmiah itu akan menuntun kita menghasilkan  ilmu yang bermanfaat dan dapat dipertanggungjawabkan kelak.

Sebagai mahasiswa yang sedang menghadapi Penulisan Ilmiah ataupun skripsi, Kita harus menanamkan sikap ilmiah dan menguasai metode ilmiah tersebut sebagai pedoman mengerjakan penelitian dan dijadikan pembelajaran bersama. Agar kita dapat menghasilkan pengetahuan yang sistematik, tepat dan akurat serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.





Daftar Pustaka


1.      Falkutas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. (2008) . Kamus Besar Bahasa Indonesia . Diambil Maret 20,2014, dari http://bahasa.cs.ui.ac.id/kbbi/kbbi.php?keyword=metode&varbidang=all&vardialek=all&varragam=all&varkelas=all&submit=tabel.
2.      Uyanto, S. 2007. Pedoman Penulisan Skripsi. Jakarta: Unika Atma Jaya
3.   Muslich, Masnur. (2008). Karya Tulis Ilmiah: Ciri dan Sikap Ilmiah. Diambil Maret 20,2014, dari http://menulisbukuilmiah.blogspot.com/2008/10/karya-tulis-ilmiah-ciri-dan-sikap.html
4.    Nurfajriah, Sheily. (2013) . Pengertian, Karakteristik, dan Langkah-Langkah Metode Ilmiah. Diambil Maret 20,2014, dari http://sheilynurfajriah.blogspot.com/2013/04/pengertian-karakteristik-dan-langkah.html
5. Safrizal, Rino. (2013) . Pengertian Sikap Ilmiah . Diambil Maret 20,2014, dari http://berbagireferensi.blogspot.com/2010/06/lebih-jauh-tentang-pengertian-sikap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar