Kamis, 23 Oktober 2014

Tulisan 2 - Perancangan Kuesioner


A. TIPE-TIPE SURVAI
1. Wawancara Pribadi dengan Kuesioner
Kelebihan
a. Pertanyaan dan jawaban dapat dilakukan secara jelas.
b. Dapat digali informasi yang lebih terperinci
c.  Pewawancara  dapat mengkontrol pertanyaan (misalnya : masalah-masalah di lapangan dapat segera  diantisipasi).

Kelemahan
a. Membutuhkan banyak waktu dan biaya
b. Memerlukan orang yang ahli wawancara.

B. TEKNIK PEMBUATAN KUESIONER

1. Tujuan
1.1. Memperoleh informasi yang relevan dengan tujuan survai
1.2. Memperoleh informasi dengan tingkat keandalan (reliability)dan keabsahan atau validitas (validity) setinggi mungkin.

Reability adalah tingkat kemantapan atau konsistensi suatu alat ukur. Alat ukur yang mantap    dengan sendirinya:
a. Dapat diandalkan (dependability).
b. Hasil pengukuran bisa diramalkan (predictability).
c. Dapat menunjukkan tingkat ketepatan.

Validitas atau keabsahan adalah menyangkut pemahaman mengenai kesesuaian antara konsep dengan kenyataan empiris. Reabilitas memberikan kesesuaian antara hasil-hasil pengukuran atau konsistensi pengukuran, sedangkan validitas merupakan kesesuain konsep pengukuran tersebut dengan fakta di lapangan.
          Suatu alat ukur (pengukuran) yang validitasnya atau tingkat keabsahannya tinggi secara otomatis biasanya dapat diandalkan (reliable). Namun sebaliknya, suatu pengukuran yang andal, belum tentu memiliki keabsahan yang tinggi.

Contoh:
        Apabila kita sakit demam, biasanya suhu meningkat, misalnya  40⁰C. Tetapi bisa saja termometer (atau suhu tubuh anda) menunjukkan angka 40⁰C, padahal anda tidak sakit demam.
        Dengan demikian, konsep suhu tubuh dan demam tidak konsisten. Untuk itu perlu dipahami lebih dalam pengertian antara konsep dengan kenyataan empiris.
        Kesimpulannya, penelitian yang baik harus memiliki reabilitas yang tinggi sekaligus memiliki validitas yang tinggi pula.

2. jenis Pertanyaan

Ada dua jenis pertanyaan, yaitu terbuka (open-ended question) dan tertutup (close-ended question)

2.1 Pertanyaan Terbuka
Pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang tidak menggiring kejawaban yang sudah ditentukan dan tinggal dipilih dari alternatif yang ditawarkan.
Contoh: Menurut pendapat anda merek mie instan apa yang paling disukai anak-anak?

2.2 Pertanyaan Tertutup
Pertanyaan tertutup adalah pertanyaan yang sudah menggiring ke jawaban yang alternatifnya sudah ditetapkan (ya atau tidak).
Contoh: Apakah anda sudah mendengar bahwa Edi Kancil meloloskan diri?
                          (1) Ya     (2) Tidak

2.3 Kombinasi Tertutup dan Terbuka
1. Ada sementara orang yang beranggapan bahwa kebebasan berpolitik di negeri ini tidaklah seperti yang diharapkan. Menurut anda sampai seberapa jauhkah kebebasan yang anda rasakan untuk hidup di negeri ini?

2. Dalam hal apakah anda merasa tidak begitu bebas?
3. Dengan mempertimbangkan berbagai segi, seberapa jauh kepuasan anda mengenai kehidupan   berpolitik di negeri ini?


  3. Petunjuk Membuat Pertanyaan

   3.1 Gunakan Kata-Kata Sederhana
   Gunakan kata-kata yang sederhana yang diketahui oleh semua responden. Hindari istilah yang   hebat tetapi responden kurang atau tidak mengerti.
Contoh: Bagaimana status perkawinan Bapak?
                 Lebih baik:  Apakah Bapak beristri?

3.2 Pertanyaan Jelas dan Khusus
Usahakan pertanyaan jelas dan khusus.
Contoh: Berapa orang berdagang disini?
                 (disini:, maksudnya didalam toko, di pasar)

3.3 Pertanyaan Berlaku Bagi Semua Responden
Usahakan agar pertanyaan berlaku untuk semua responden.
Contoh: Apa pekerjaan saudara sekarang?
           (Ternyata dia menganggur! Seharusnya ditanyakan dahulu “Saudara bekerja?” Kalau   jawabannya “ya”, lalu ditanyakan apa pekerjaannya.)

3.4 Berkaitan dengan Masalah dan Sasaran Penelitian
Pertanyaan harus berkaitan dengan masalah penelitian dan sasaran-sasaran penelitian. (Setiap pertanyaan dimaksudkan untuk memancing informasi yang dapat digunakan untuk menguji hipotesis penelitian).

3.5 Tidak Ambigu
Pertanyaan harus jelas dan tidak mengandung tafsir majemuk.
Contoh: Bagaimana kondisi anda hari ini?
                (Kondisi keuangan, kesehatan, perkawinan, dsb?).

3.6 Tidak Menggiring
Pertanyaan tidak boleh menggiring responden untuk memberikan alternatif jawaban tertentu.
Contoh: Apakah anda telah membaca tulisan-tulisan tentang kredit macet konglomerat? (Jawabannya “Ya”)

3.7 Tidak Memuat Informasi yang Tidak Dimiliki oleh Responden
Pertanyaan tidak boleh memuat informasi (pengetahuan) yang tidak dimiliki oleh responden.
Contoh: Bagaiman pendapat anda mengenai nilai BCR proyek Kanindotex?

3.8 Tidak Memuat Hal yang bersifat  Pribadi dan Peka
Pertanyaan tidak boleh memuat hal-hal yang bersifat pribadi dan peka sehingga responden mungkin menolak menjawabnya.
Contoh: Pertanyaan mengenai penghasilan, atau menanyakan yang secara umum tidak disetujui. Misalnya, apakah Bapak pernah terlibat G30S?

3.9 Tidak Bersifat Klise
Pertanyaan tidak boleh bersifat klise, sehingga jawabannya juga cenderung klise (stereotip).
Contoh: Apakah Bapak  senang berpenghasilan tinggi?


C. CONTOH KUESIONER

1. Tingkat Kepuasan Penghuni
1.1. Menurut Bapak/Ibu apakah faktor-faktor berikut ini dapat memberikan kepuasan tertentu. Pilihlah salah satu faktor-faktor berikut ini yang lebih mencerminkan pendapat Bapk/Ibu mengenai rumah yang Bapak/Ibu tempati.
        
Sangat puas/Puas/Netral/Tidak Puas/Sangat Tidak Puas.

1.2. Selanjutnya, kami ingin menegtahui pendapat Bapak/Ibu mengenai seberapa pentingnya semua faktor-faktor tersebut diatas dalam kaitannya dengan kondisi rumah. Sebutkan lima hal yang paling penting , mulai dari 1 =sangat penting sampai 5= kurang penting)


Tabel 1. Pertanyaan Mengenai Tingkat Kepuasan



Tabel 2. Tingkat Kepuasan Menurut Kondisi Rumah

        Keterangan:
1= Sangat tidak puas
2= Tidak puas
3= Netral
4= Puas
5= Sangat puas
6= Tidak ada data
7= Nilai indek




 Daftar Pustaka:
                  Rangkuti, Freddy. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2005
Churchill, Gilbert A. 2005. “ Dasar-Dasar Riset Pemasaran “, Edisi 4, Jilid 1, Alih Bahasa Oleh Andriani, Dkk, Penerbit Eirlangga, Jakarta.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar