Kamis, 23 Oktober 2014

Tulisan 3- Order Letter


Order Letter

Jenis Surat ini merupakan surat yang berisikan permintaan barang kepada suatu instansi perusahaan yang bergerak dibagian jasa penyediaan barang. Oleh karena itu, pemikiran yang serius dan penulisan yang baik harus dilakukan dalam menyusun surat-surat. Sebuah kecerobohan kecil dapat mengakibatkan hilangnya pelanggan atau sebaliknya. Oleh karena itu surat-surat harus ramah dan bijaksana. Surat harus pasti dan lengkap supaya bisa sampai ke pembaca persis seperti keinginan penulis. Setiap kesalahan atau ketidaklengkapan akan berarti penundaan pengiriman dan penagihan akan rumit dan juga kerugian bisnis.

Surat pemesanan barang tidak perlu didahului dengan penyelidikan atau menawarkan. Informasi yang diterima dari katalog dan iklan juga membantu orang-orang dan partai-partai dalam menempatkan dan penjualan. Oleh karena itu, surat ini memiliki kepentingan yang besar. Penulisan yang tepat harus diambil dalam rangka penyusunan untuk memastikan penanganan yang efisien dan untuk menghilangkan semua keraguan yang mengakibatkan hilangnya waktu dan kemungkinan pasar.
Fakta-fakta yang diinginkan adalah sebagai berikut :
1.      Rincian mengenai barang yang dipesan atau pemesanan.
2.      Arah untuk pengiriman.
3.      Cara pembayaran.
Dalam paragraf pertama biasanya si pemesan memberitahu sumber informasi produk yang akan dipesannya. Di dalam paragraf tersebut terdapat gagasan utama dari pembuatan surat untuk melakukan pemesanan. Kemudian disertakan paragraf penjelasan dari pemesan mengenai rincian barang maupun hal lain yang dipesan tentang kuantitas, ukuran, harga dan lainnya. Pada akhir paragraf, si pemesan akan mencantumkan informasi mengenai pembayaran, lokasi, data pengiriman, tempat serta informasi spesifik lainnya. Saat melakukan pemesanan melalui surat sebaiknya memperhatikan :
1.      Menyertakan rincian lengkap dari deskripsi, jumlah, serta jenis barang yang akan dipesan.
2.    Menyertakan rincian lengkap dari data diri sehingga pihak penyedia barang akan mengirimkan barang ke tempat tujuan pemesan dengan benar.
3.  Membuat kesepakatan dalam ketentuan pembayaran yang yang disepakati atas perjanjian jual-beli tersebut.


Contoh Order Letter :

Seven Siblings Limited
17 Sweet Road, West Bandung
Tlp. 022-8765432 Post Code 41134
 


Ref : DS/RN/C1                                                                                                  July 9, 2014


Mrs. Astried Herera
IGM Marketing
American Vale Company
11 Main Street
San Fransisco, USA
ZIP CODE 91234

Dear Miss Herera ,

Please accept this purchase order for the following :
No.
Product
Quantity
Unit Price
Total
1
Single Brush Polisher
4
$ 3,000
$ 12,000
2
Extractor SX 144
4
$ 2,000
$  8,000
Total



$ 20,000
We require shipment by August 17, 2014 to : PT Pama No. 1 Jl. Cileungsi, Bogor, Indonesia
Post Code 40156.

Please refer to this order as "purchase order # SS01234. Should you need more information, please contact me at 62-22-756756 at your earliest convenience or email me at siblings@seven.com.




Sincerely,


Dede Saripah
Purchasing Manager



2. Personal Purchase Order Letter
     
Example :

23rd  July, 2014
Mrs. Ruth Apriyana
Sales Manager
Quantum Komputer
5th Floor, Mangga Dua Mall
Blok D26, Jakarta
Dear Mrs. Apriyana,
 I am interested in the items contained in the Computer Magazines March 30 issue of the computer magazine 2014. I want to order : 1 piece external hard drive with a capacity of 2 terabytes, 1 internal hard drive with a capacity of 1 terabytes and 2 piece external hard drive with a capacity 500 gigabytes
Please be sent to the address of Jl. Mampang Prapatan IV 34 A, Tegal Parang, South Jakarta. For the payment I will immediately transfer into your account .


Yours sincerely,

Nurita Kumalasari





resensi:
http://howtowritealetter.net/letter-of-order.html












Tidak ada komentar:

Posting Komentar