Nama: Dede Saripah
NPM : 11211799
KELAS: 3EA17
PENDAHULUAN
A.
Pengertian Perilaku Konsumen
Pengertian perilaku konsumen menurut beberapa ahli:
1. Philip Kotler: Perilaku konsumen adalah hasil yang dirasakan oleh
pembeli yang mengalami kinerja sebuah
perusahaan yang sesuai dengan harapannya.
2.
Etat Swan: Perilaku konsumen adalah evaluasi secara sadar
atau penilaian kognitif menyangkut apakah kinerja produk relatif bagus atau
jelek atau apakah produk bersangkutan cocok atau tidak cocok dengan tujuan/
pemakaiannya.
3.
James F Engel:
Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan individu secara langsung terlibat
dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomi termasuk
proses pengambilan kepustusan yang mendahului dan menentukan tindakan tindakan
tersebut (1988:8)
4.
Gerald Zaltman: Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan, proses dan
hubungan sosial yang di lakukan oleh individu, kelompok dan organisasi dan
mendapatkan, menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai sutu akibat dari
pengalaman dengan produk, pelayanan dan dumber-sumber lainya. (1979:6)
Dari
beberapa Definisi di atas dapat di tarik suatu kesimpulan bahwa:
Perilaku konsumen adalah proses dan
aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian,pemilihan,pembelian,penggunaan,serta
pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku
konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan
pembelian.
B.
Pemikiran yang Benar Tentang Konsumen
Konsumen adalah
setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik
bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain
dan tidak untuk diperdagangkan. Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi
perilaku konsumen, yaitu :
1. Konsumen
adalah raja
Ia memiliki kemampuan penuh untuk
menyaring semua upaya untuk mempengaruhi, dengan hasil bahwa semua yang
dilakukan oleh perusahaan harus disesuaikan dengan motivasi dan perilaku
konsumen.
2.
Motivasi dan
perilaku konsumen dapat dipahami melalui penelitian
Hal-hal yang
berkaitan dengan motivasi dan perilaku dapat diketahui melalui penelitian,
sehingga penelitian ini dipakai sebagai acuan dalam membuat program pemasaran,
perencanaan periklanan, perencanaan promosi sehingga hal-hal yang terjadi pada
masa yang akan datang dapat diprediksi.
C.
Penelitian Konsumen Sebagai Suatu Bidang yang Dinamis
Perilaku konsumen
dikatakan dinamis dikarenakan proses berpikir, merasakan, dan aksi dari setiap
individu konsumen, kelompok konsumen, dan perhimpunan besar konsumen selalu
berubah secara konstan. Sifat yang dinamis demikian menyebabkan pengembangan
strategi pemasaran menjadi sangat menantang sekaligus sulit. Suatu strategi
dapat berhasil pada suatu saat dan tempat tertentu tapi gagal pada saat dan
tempat lain. Karena itu suatu perusahaan harus senantiasa melakukan
inovasi-inovasi secara berkala untuk meraih konsumennya.
REFERENSI